Senin, 14 Oktober 2013

HEWAN


BERUANG AIR




  ▪ CARILAH di hampir semua habitat yang berair di seluruh dunia—lumut, es, saluran air, mata air panas, danau, lautan, dan bisa jadi halaman belakang rumah Anda—Anda mungkin akan menjumpai beruang air, salah satu makhluk mungil yang paling tangguh di antara semua ciptaan. Seekor beruang air begitu kecil sehingga hampir tidak kelihatan, memiliki tubuh yang pendek, terdiri dari empat segmen yang terbungkus kulit tebal pelindung, dan memiliki delapan buah kaki, masing-masing dengan sepasang cakar di ujungnya. Secara keseluruhan bentuk dan gerak-geriknya mirip beruang yang lamban, sehingga ia dinamai beruang air.
Beruang air adalah tardigrada, yang artinya ”pejalan lambat”. Ada ratusan spesies yang sudah dikenali, dan betinanya sekali bertelur menghasilkan 1 hingga 30 butir telur. Puluhan ribu makhluk mungil ini bisa ditemukan dalam beberapa genggam pasir atau tanah basah. Tempat terbaik untuk menemukan mereka adalah di lumut pada atap.
Beruang air dapat bertahan hidup dalam lingkungan yang sangat ekstrem. ”Spesimen yang disimpan selama delapan hari di ruang hampa udara, dipindahkan selama tiga hari ke dalam gas helium pada suhu kamar, dan kemudian selama beberapa jam ditaruh pada suhu -272°C (-458°F) bisa hidup kembali sewaktu ditempatkan lagi pada suhu kamar yang normal,” kata Encyclopædia Britannica. Mereka juga kebal terhadap ratusan kali dosis radiasi sinar-X yang dapat membunuh manusia. Dan, sedikit-dikitnya secara teoretis, mereka sanggup bertahan di ruang angkasa yang hampa udara selama jangka waktu tertentu!
Rahasianya terletak pada kemampuannya mengalami mati suri manakala metabolisme tubuhnya melambat sampai kurang dari 0,01 persen kecepatan normal—hampir tak terdeteksi! Untuk itu, binatang ini menarik kaki-kakinya ke dalam tubuhnya, menggantikan air yang hilang dengan gula khusus, dan menggulung dirinya menjadi bola kecil yang dilapisi lilin yang disebut tun. Sewaktu kondisi kembali menjadi normal dan lembap, mereka dapat aktif lagi dalam tempo beberapa menit hingga beberapa jam. Pernah, beruang air yang telah mati suri selama 100 tahun berhasil dihidupkan kembali




Tidak ada komentar:

Posting Komentar